Jika dikatakan harga dari komputer baru pastinya sangat mahal sebenarnya tidak juga, karena pada jaman sekarang sudah cukup banyak yang memilikinya. Namun kadang juga ada beberapa orang yang memang lebih memilih untuk membeli yang second alias bekas. Kali ini akan membahas beberapa tips membeli komputer second agar tidak kena tipu nantinya.

Kadang memang orang yang memutuskan untuk menjual barang second terutama komputer pastnya karena alasan tertentu. Apa karena memang sudah mulai minta jajan alias setengah rusak, atau bahkan memang mereka ingin membeli yang terbaru.

Tetapi dari semua itu kebanyakan karena memang sudah rusak daripada memang sudah bosan. Maka dari itu perlu adanya tindakan pemeriksaan lebih teliti akan hal yang satu ini.

Alasan Membeli Komputer Second

Tips Beli Komputer Second Anti Ketipu 2

Untuk hal yang satu ini mungkin juga memiliki banyak alasan disamping memang harganya yang lebih murah dong. Tapi disisi lain kadang memang ada orang yang sengaja membeli bekas karena ingin melakukan modifikasi.

Salah satunya saat mereka lebih memilih membeli komputer bekas yang nantinya ingin dibangun ulang untuk dibangun kembali menjadi komputer gaming.

Jadi mereka hanya sekedar membeli tempat pc, beberapa komponen dan layar hanya dengan harga setengahnya saja.

Atau bahkan memang hanya nantinya digunakan untuk sang buah hati yang mulai belajar komputer, atau bahkan memang untuk bisnis yang tidak memperlukan spesifikasi komputer paling tokcer.

Berikur Tips Beli Komputer Second yang perlu dipahami

Tanyakan Garansi

Yang pertama mungkin sedikit aneh karena menanyakan adanya garansi toko atau tidak dari barang yang memang sudah bekas.

Namun hal ini sangat penting terutama memang kamu membeli komputer bekas di Toko, karena memang kadang ada beberapa toko yang bandel.

Namun disisi lain jika kamu memang membeli dengan teman sebaiknya jangan menanyakan hal ini, karena dijamin kamu akan memberikan hal negatif nantinya.

Lakukan Pengecekan Awal

Pengecekan awal yang dimaksud tentunya merupakan tindak analisis paling dasar, dan hal tersebut dalam melakukan pengecekan komputer bekas hanya dengan menyalakanya saja.

Karena memang lantaran barang yang sudah usang takut-takutnya memang sangat rusak. Alhasil tidak bisa dinyalakan, dan tindakan ini pastinya sangat penting sekali dong.

Mulai dari pengecekan bisa menyala atau tidak mulai dari PC hingga layar monitor. Selain itu juga bisa berjalan dengan normal atau tidakkah PC yang akan kamu beli nanti.

Selain itu sudah kamu menyalakannya, kamu juga jangan lupa untuk mematikannya. Kadang memang kerusakan pada sistem komputer karena memang mereka saat ingin dimatikan selalu ditolak hingga harus mematikan dengan cara yang upnormal.

Pengecekan Perangkat Komputer

Tips Beli Komputer Second Anti Ketipu 1

Langkah berikutnya adalah pengecekan perangkat komputer mulai dari perangkat pendukung seperti Keyboard atau beberapa hal penting seperti monitor.

Nantinya kamu harus melakukan pengecekan apakah semua itu bisa bekerja dengan normal ataupun ada beberapa kerusakan.

Jika kamu membeli komputer di toko bila saat itu kamu bisa mengatakan kerusakan tersebut kemungkinan kamu akan bisa mendapatkan perangkat yang baru meski standar.

Selain itu komponen CD-Rom yang mungkin menjadi salah satu komponen yang mungkin terpakai atau tidak pada pada jaman sekarang karena adanya Flash Disk.

Namun yang satu ini juga tidak ada salahnya untuk dilakukan pengecekan, bahkan hingga port USB pada komputer. Dan ini menjadi yang sangat penting saat membeli komputer second.

Pemeriksaan komponen lain diantara lainnya seperti Card Rite, atau Sound Card pada komputer yang akan kamu beli.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *